Aceh Raih Lima Medali FLS2N 2019

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Kedatangan rombongan kontingen Aceh dari ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, Sabtu (21/9/2019) sore sekitar pukul 15.00 WIB disambut haru dan meriah. Para peraih medali dikalungi bunga oleh Kasi Layanan dan Publikasi Balai Tekkomdik Aceh, Drs Anwar M Isa M.Si yang mewakili kepala Dinas.

Suasana penyambutan tampak meriah, karena selain pihak dinas, juga hadir guru dan orang tua siswa yang langsung memeluk anak-anaknya. FLS2N tahun ini berlangsung di Bandar Lampung, pada 15-21 September 2019.

FLS2N ini yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) RI, Aceh berhasil meraih lima medali.

Kelima medali yaitu satu medali emas, tiga medali perunggu, dan satu juara harapan II.

Medali emas diraih Afif Nauval, pelajar SMA Modal Bangsa Aceh, Aceh Besar, cabang lomba Desain Poster.

Medali perunggu diraih grup pelajar SMKN Al Mubarkeya Aceh Besar masing-masing Akmalia, Indah Ludiana dan M. Iqbal Arazi pada cabang lomba Teater.

Berikutnya, Dafiqi Rahmad pelajar SMALB Bukesra Banda Aceh, meraih medali perunggu cabang MTQ.

Sedangkan M. Fuji Mukhriza pelajar SMP YPPU Sigli, Pidie, meraih medali perunggu menyanyi Solo.

Terakhir, Imam pelajar SLBN Aceh Tamiang meraih juara Harapan II menyanyi Solo.

Kasi Layanan dan Publikasi Balai Tekkomdik Aceh, Drs Anwar M Isa M.Si mengatakan, perwakilan Aceh sudah berjuang maksimal bersaing dengan peserta dari provinsi lain, sehingga meraih hasil dengan satu medali emas, dan tiga medali perunggu.

Katanya, hasil itu merupakan hasil latihan yang berkesinambungan yang selama ini dilakukan oleh siswa Aceh.

Lanjutnya, nanti Pemerintah Aceh juga akan mengapresiasi para siswa berprestasi itu dengan memberikan penghargaan kepada siswa-siswa berprestasi tersebut, yang akan diserahkan saat malam resepsi Hardikda, 28 September mendatang.

“Penghargaan dari Pemerintah Aceh akan diserahkan pada malam resepsi Hardikda  yang di adakan setiap tahunnya,” terangnya.

Dinas Pendidikan Aceh akan memberi penghargaan kepada para pelajar Aceh yang meraih juara 1.2 dan 3 tingkat nasional maupun internasional.

FLS2N memperlombakan 9 bidang lomba meliputi desain poster, kriya, tari kreasi berpasangan, cipta puisi, baca puisi, gitar solo, vokal solo, teater monolog, dan film pendek.

Dinas Pendidikan Aceh sendiri mengirim 14 siswa untuk mengikuti  9 cabang lomba tersebut.

Drs Anwar M.Isa, M.Si, menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi prestasi peserta yang telah mengharumkan provinsi Aceh di tingkat nasional.

“Prestasi ini harus kita dukung dan perlu diapresiasi bersama-sama dengan semua kalangan di Aceh. Apalagi, peserta didik kita bersaing ketat dengan seluruh provinsi lainnya di tanah air,” ujarnya.

“Salah satu tujuan pelaksanaan FLS2N ini-kan memberikan motivasi dan sebagai ajang  menyalurkan bakat serta potensi  siswa terutama di bidang  seni. itu sebabnya perlu kita dukung secara bersama-sama,” katanya lagi.

Ia menambahkan, Pemerintah Aceh terus bersungguh-sungguhh mewujudkan generasi Aceh Carong, untuk Aceh yang Hebat, sebagaimana program prioritas Pemerintah Aceh. (*)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Aceh Raih Lima Medali di FLS2N di Lampung, Disambut Haru di Bandara SIM, Ini Para Peraih Medali, https://aceh.tribunnews.com/2019/09/21/aceh-raih-lima-medali-di-fls2n-di-lampung-disambut-haru-di-bandara-sim-ini-para-peraih-medali?page=3.
Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Hadi Al Sumaterani