ELearning di SMAN Modal Bangsa

ICT Based Learning atau pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK) menggambarkan pemanfaatan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran. Peluang baru yang dijanjikan teknologi ini sangat luas. Untuk memanfaatkannya, kreativitas pendidik menjadi penting, karena tanpa kreatifitas pendidik tersebut teknologi ini tidak akan memberikan dampak yang optimal. Dalam proses pembelajaran berbasis TIK yang paling canggih sekalipun, guru tetap memegang peran sentral sebagai pengembang konten dan tutor pembelajaran.

Sejak tahun 2007 di SMAN Modal Bangsa sudah mulai dilaksanakan program pembelajaran berbasis komputer, dengan memanfaatkan komputer server yang mumpuni dan kapabilitas jaringan lokal intranet yang baik. Pada tahap awal LMS (Learning Management System) hanya dapat diakses dalam jaringan lokal, mengingat seluruh siswa tinggal di komplek sekolah maka hal ini sangat menguntungkan siswa dan memudahkan siswa dalam membuka LMS. Namun untuk guru hanya dapat membuka LMS di lingkungan modal bangsa.

Saat ini pihak sekolah sedang mengembangkan LMS online yang dapat diakses dimana saja melalui jaringan internet. Untuk tahun ini masih dalam tahap percobaan.

Dengan dukungan TIM IT yang dipimpin oleh Pak Fadliansyah, S. Si dan beberapa guru lainnya ; M. Iqbal, S. Pd, Muhammad Iqbal, S. Si, Sri Wahyuni, S. Si, Rahmat Mulyono, S. E dan M. Ridwan.

Dengan dukungan sepenuhnya dari Kepala Sekolah Drs. Yusnaidi M. Pd (sekarang Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat Daya), Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana Bapak Lazwardi, S. Pd (sekarang Kepala SMAN Modal Bangsa Arun ) dan segenap komponen modal bangsa sejak tahap awal, kini sudah terlihat pekembangannya yang semakin hari semakin baik.

Beberapa sekolah lain juga turut bekerjasama dengan modal bangsa misalnya SMAN 4 Wira Bangsa – Aceh Barat yang terus berbenah sejak tahun 2011 lalu.

Kini seiring dengan pimpinan sekolah yang baru maka program ini terus dilanjutkan sehingga diharapkan semakin baik lagi di masa yang akan datang