Pekan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XVI Tahun 2017

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Aceh akan menyelenggarakan PIRN XVI Tahun 2017 di Aceh, tanggal 9 – 16 Juli 2017 yang akan diikuti oleh 600 peserta. PIRN merupakan kegiatan pembinaan ilmiah kepada siswa yang diselenggarakan secara nasional untuk memberikan pemahaman mendasar mengenai metodologi penelitian ilmiah serta etika penelitian. Pada tahun ini, PIRN XVI hanya diikuti peserta SMA, SMK dan MA

Kegiatan ini berupa pemberian materi metodologi penelitian dalam kelas di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik (IPA-Tek) dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Selain itu, akan dilakukan pelatihan penelitian di lapangan dan pembimbingan untuk menulis karya tulis ilmiah.

Dalam PIRN XVI Aceh akan ada agenda tambahan seperti : Science Shows, Pameran Sains dan Inspiring Dialog yang menghadirkan Public Figure maupun tokoh peneliti muda inspiratif.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan remaja di bidang ilmu pengetahuan dan penelitian serta membimbing remaja melaksanakan penelitian ilmiah yang terkait dengan lingkungan sekitarnya. Di PIRN XVI ini juga akan diselenggarakan kegiatan workshop guru bagi guru pembimbing. Setiap sekolah dapat mendaftarkan 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang guru pembimbing sebagai calon peserta*.

Peserta diutamakan dari sekolah yang belum pernah berpartisipasi dalam PIRN. Peserta PIRN dalam 2 tahun terakhir (2015-2016) tidak dapat mendaftar di PIRN XVI Aceh kali ini

Selama penyelenggaraan, panitia menanggung akomodasi dan konsumsi. Biaya transportasi peserta dari tempat asal – Aceh (pulang – pergi) ditanggung oleh peserta.

Pendaftaran peserta secara online mulai tanggal 3 Februari – 5 Juni 2017 melalui website https://registrasi.pirn.lipi.go.id. (peserta dari Prov. Aceh melakukan pendaftaran melalui Dinas Pendidikan Provinsi Aceh)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Panitia Pelaksana, Sdri. Yutainten, M.Commun, Telp. 021-5225711 pes. 1274, 1276,. Hotline WA Panitia (Nasional) : 082299192429. Khusus Pendaftar dari Aceh dapat menghubungi Dr. Asbaruddin : 0811-6719-228

* Panitia akan melakukan seleksi untuk mencapai kuota 600 peserta (450 Siswa dan 150 Guru)

Countdown